slide to unlock

7 Pekerjaan Bagi Anda Yang Suka Menulis


Menurut saya, ada 7 pekerjaan yang dapat dijadikan sumber penghasilan bagi orang-orang yang punya skill menulis, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan, yaitu :

Menulis artikel di majalah, koran dan portal berita
Orang yang punya skill menulis dan dapat menulis secara teratur dapat mengirimkan tulisannya secara teratur ke media massa. Banyak pilihan media massa yang menerima tulisan. Diantaranya majalah, koran dan portal berita yang semakin menjamur. untuk koran, anda bisa memulainya dengan yang lokal dulu. Secara bertahap, silahkan mencoba koran nasional

Menjadi penulis hantu (Ghost Writer)
Banyak orang yang sangat ahli di bidang tertentu, tetapi memiliki kemampuan menulis yang terbatas. Untuk itu mereka membutuhkan orang yang bisa menuliskan ide-ide apa saja yang terlintas di kepala mereka. Percayakah anda, bahwa tulisan politisi ternama yang sering dimuat di media massa belum tentu ditulis langsung oleh mereka? Ya, kasus ini sangat banyak sekali terjadi. Karena kesibukan, seorang pejabat negara terkadang tidak punya waktu untuk menulis Halalkah? menurut saya halal. Mereka yang mencurahkan ide dan garis besar pemikirannya, anda yang menuliskannya dengan sistematika yang terstruktur. Saya pikir halal. Tidak hanya artikel di media massa, tetapi bisa berupa buku utuh. Konsekuensinya, tentusaja anda tidak dapat mencantumkan nama anda di tulisan yang anda buat.

Penulis buku
Menjadi penulis buku adalah pilihan berikutnya. Untuk yang satu ini, konsistensi, komitmen dan motivasi tinggi menjadi syarat utama. Ini tidak hanya bisa menjadi penghasilan utama, bisa-bisa anda meninggalkan pekerjaan utama anda jika buku anda nantinya memaksa anda untuk itu. Buku anda yang sukses tentu saja serta merta membuat penulisnya menjadi terkenal dan pusat perhatian.

Editor
Pada saat ini, banyak sekali editor yang bersifat freelance. Naskah-naskah yang dikirim ke penerbit kemudian dikirim ke editor yang bisa bekerja dirumah mereka masing-masing.

Staf ahli
Seorang yang punya kemampuan menulis yang baik, akan berpeluang menjadi staf ahli bagi orang yang membutuhkannya. Karena, orang yang mampu menulis dengan baik, pastilah memiliki pengetahuan yang luas. Pekerjaan yang sering di bebankan adalah, membuat naskah pidato, makalah bahan diskusi, press conference dan lain sebagainya. Untuk yang satu ini, anda membutuhkan relasi yang kuat dan luas.

Menulis Review di Blog
Syarat utamanya tentu saja anda harus punya blog. Banyak blogger yang bisa hidup dari menulis review di internet. Saat ini banyak sekali perusahan internet yang menjadi perantara penulisan review sebuah web atau produk. Selama masih ada internet, maka selama itu pula terbuka peluang bagi yang punya skill menulis.

Copywriting
Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan laporan tahunan. Atas berupa penulisan untuk promosi barang dan jasa perusahaan tertentu.
sumber : indojaya.com
 
MIMPI BANGET © 2011 Templates | uzanc