slide to unlock

7 Kesalahan yang Membuat Dompet Jebol

7 Kesalahan yang Membuat Dompet JebolMENABUNG, sudah. Menghentikan kebiasaan belanja, sudah. Tapi kenapa tagihan tetap saja meroket?

Mungkin Anda melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat membuat kantong kempis, seperti berikut ini.

1. Berbelanja saat tidak ada diskonKebanyakan wanita senang memburu diskon, kenapa Anda tidak mencobanya? Berbelanjalah hanya saat benda yang Anda inginkan sedang didiskon. Tapi hati-hati, jangan dibutakan oleh tulisan Sale dan membuat Anda memborong semua benda, termasuk yang tidak Anda perlukan.

2. Menyia-nyiakan makananLupa menghangatkan makanan atau menyimpan sisa makan malam di dalam kulkas juga bisa berakibat pada pengeluaran yang meroket. Makanan sisa yang sebenarnya masih layak dikonsumsi akan berakhir di tempat sampah jika Anda lupa menghangatkan atau menyimpannya di tempat yang aman. Menu rendang atau semur semalam dapat Anda jadikan pelengkap nasi goreng untuk sarapan. Lebih hemat, kan?

3. Tidak teliti membaca tagihan atau struk belanjaSetelah berbelanja atau makan di restoran. Selalu ada kemungkinan Anda mengalami kesalahan penulisan struk. Teliti pula jumlah uang kembalian yang Anda terima. Sekecil apapun kesalahan dalam struk atau penghitungan uang kembalian, lama-kelamaan akan berdampak pada pengeluaran Anda.

4. Tidak mencabut kabel elektronikMematikan alat elektronik sudah cukup mematikan aliran listrik? Ternyata tidak. Alat elektronik tetap menyedot energi walau saat dimatikan. Kenyataannya, 5 persen aliran listrik yang aktif di AS berasal dari alat elektronik yang dimatikan tanpa dicabut kabelnya. Demikian menurut survey dari Lawrence Berkeley National Laboratory.

5. Tinggal sendiriAnda mungkin bisa lebih bebas jika tinggal seorang diri di apartemen atau kamar kost. Tapi akan lebih hemat jika Anda berbagi ruangan dengan kawan atau saudara. Selain mengirit sewa bulanan, Anda pun dapat menghemat kebutuhan lain karena biayanya dibagi dua dengan teman sekamar.

6. Tidak menggunakan lampu hemat listrikMenggunakan lampu hemat listrik dapat memangkas tagihan bulanan, juga ramah lingkungan. Kapan lagi kan, bisa menghemat pengeluaran sekaligus membantu melestarikan lingkungan?

7. Berlangganan TV berbayarYa, Anda dapat menyaksikan beragam program televisi yang menarik, yang tidak disiarkan jika Anda tidak berlangganan TV berbayar alias pay TV. Tapi penggunaan TV berbayar dapat meningkatkan pengeluaran untuk biaya berlangganan. Tanpa disadari, semakin banyak pilihan channel-nya, semakin lama juga durasi Anda menonton TV. Ini berarti tagihan listrik juga membengkak.
sumber : msn.com
 
MIMPI BANGET © 2011 Templates | uzanc